Pasuruan, Jawa Timur
Selasa, 30 April 2024

Tim dari UB, Universitas Yudharta dan UNIDA Gontor Latih Promosi Wisata di Pantai Mutiara Kabupaten Trenggalek

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PortalArjuna.Net – Media dikenal sebagai alat informasi, menyalurkan informasi ataupun pesan dari sebuah sumber pada pihak penerima pesan. Fotografi merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan bagi wisatawan yang selain sebagai alat pesan visual yang bisa meningkatkan hasrat dan rasa penasaran fotografi juga memberikan pesan makna di dalam seni dan keindahannya.

Hal ini menjadi alasan dilaksanakannya kegiatan Pelatihan mengenai Promosi Pariwisata dan Dasar-dasar Fotografi sebagai bagian dari Program Kemitraan Masyarakat didanai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kegiatan tersebut digelar oleh tim pengabdi yang diketuai oleh Tian Nur Ma’rifat, S.T.P., M.Sc., dan beranggotakan Ahmad Syihab F.Q.R.M., S.T.P., M.Si. dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya dan M. Rifa’i, S.Ikom, M.Ikom, dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Yudharta Pasuruan, serta berkolaborasi dengan Arief Rahmawan, S.T., M.T., M.B.A. dari Fakultas Sains dan dan Teknologi, Universitas Darussalam Gontor.

Acara pelatihan tersebut diadakan selama dua hari pada Selasa dan Rabu, 8-9 Agustus 2022 di lokasi Pantai Mutiara Kabupaten Trenggalek dengan peserta kegiatan dari pengurus dan anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Mutiara. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi para pengelola wisata pantai mutiara agar mereka dapat melakukan promosi wisata melalui fotografi dalam mengisi platform media sosial .

Dalam proses kegiatan pengabdian dan Sharing Discussion tentang promosi pariwisata pantai mutiara melalui pelatihan dan praktik fotografi, mereka sangat antusias mendengarkan dan mempelajari beberapa poin yang disampaikan, seperti peran fotografi pada promosi pariwisata, promosi pariwisata dalam media sosial dan pemanfaatan media sosial bagi pariwisata. Pada kegiatan ini para pengelola wisata pantai mutiara melakukan praktik fotografi serta evaluasi foto sehingga adanya penambahan pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan fotografi.

“Saya melihat antusias dan semangat peserta dalam kegiatan masyarakat ini mulai dari pemahaman materi sampai praktik kemungkinan besar setelah melakukan pelatihan fotografi sebagai promosi wisata mereka akan aktif dan update untuk mempublish dari hasil foto yang dikemas dalam platform akun media sosial pantai mutiara” ujar Arief selaku salah satu pemateri kegiatan.

Dengan program pengabdian masyarakat ini mereka dapat menerapkan keilmuan dan percaya diri dalam mengupdate serta mempromosikan pantai mutiara sehingga bisa meningkatkan hasrat dan daya tarik wisatawan untuk berkunjung, serta dapat mengangkat perekonomian dan kearifan lokal masyarakat wilayah pantai mutiara.” ujar Tian sebagai ketua Program Kemitraan Masyarakat.

Trenggalek, 8 Agustus 2022
Kontributor : M. Rifa’i, S.Ikom, M.Ikom.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial